Memperingati Hari Radang Sendi Sedunia pada 12 Oktober kemarin, salah satu hal yang perlu Kawan Puan tahu ialah jenis perawatan penderitanya. Pasalnya, jika Kawan Puan mencari tahu tentang penyakit radang sendi, tentu penasaran bagaimana cara untuk menuju sembuh, termasuk pengobatannya. Sayangnya,melansir , tidak ada obat untuk radang sendi. Namun, ada perawatan yang dapat membantu penderita radang sendi mengelola kondisinya.

Kawan Puan perlu tahu bahwa rencana perawatan yang dibutuhkan tergantung pada tingkat keparahan radang sendi, gejala, hingga kondisi kesehatanmu keseluruhan. Tidak hanya itu, bentuk perawatan untuk penderita radang sendi pun tidak harus melibatkan pembedahan ataupun operasi. Apabila kondisimu masih memungkinkan, Kawan Puan dapat melakukan 3 jenis perawatan konservatif untuk penderita radang sendi ini.

Suntikan kortison dapat membantu meredakan sementara rasa sakit dan peradangan pada persendian Kawan Puan. Arthritis pada sendi tertentu, seperti lutut, dapat membaik dengan perawatan yang disebut viscosupplementation. Bentuk perawatan tersebut ialah dengan menyuntikkan pelumas untuk membantu sendi bergerak dengan lancar.

Rehabilitasi dan melakukan terapi fisik dapat membantu meningkatkan kekuatan, rentang gerak, dan mobilitas secara keseluruhan. Pasalnya, terapis dapat mengajari Kawan Puan bagaimana cara menyesuaikan aktivitas sehari hari untuk mengurangi nyeri rematik. Obat anti inflamasi dan nyeri dapat membantu meringankan gejala radang sendi Kawan Puan.

Beberapa obat, yang disebut biologis, menargetkan respons peradangan sistem kekebalan kamu. Untuk informasi, penyedia layanan kesehatan dapat merekomendasikan biologik untuk rheumatoid atau psoriatic arthritis kamu. Namun, pastikan bahwa apapun obat yang akan kamu konsumsi itu merupakan hasil konsultasi dan resep dari dokter yang tahu kondisi Kawan Puan, ya.

Kemudian, apabila sudah melakukan 3 jenis perawatan radang sendi tersebut, apakah masih butuh operasi? Rupanya, penyedia layanan kesehatan biasanya hanya merekomendasikan operasi untuk kasus arthritis parah tertentu. Dikatakan parah karena kasus tersebut belum membaik dengan perawatan konservatif.

Lantas, apabila penderita radang sendi harus melakukan operasi atau pembedahan, ketahuilah dua jenis pilihan beda berikut ini: 1. Fusi Dua atau lebih tulang menyatu secara permanen. Fusion melumpuhkan sendi dan mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh gerakan.

2. Penggantian sendi Sendi rematik yang rusak diganti dengan sendi buatan. Penggantian sendi mempertahankan fungsi dan gerakan sendi. Contohnya termasuk penggantian pergelangan kaki, penggantian pinggul, penggantian lutut dan penggantian bahu.

Nah, itu tadi 3 jenis perawatan untuk penderita radang sendi, serta apa saja jenis pembedahan jika hal tersebut dibutuhkan. (*) Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.